ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD AL IMRAN / 211408023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
ABSTRAK Mohamad al imran, 211 408 023. Skripsi. Penelitian ini merupakan studi khusus pada SMP Negeri 9 Wonosari dengan judul “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw” yang dibimbing oleh Imran Hambali S.Pd, SE, MSA dan Drs. Rusli Isa M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengefektifkan proses belajar mengajar, dan metode apa saja yang harus digunakan dalam proses belajar mengajar. Alat analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduction yaitu mereduksi kata maksudnya adalah merangkum memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. penyajian yaitu maksudnya dijabarkan dalam bentuk matriks, garafik dan carts. Kegiatan ini dilakukan bila data menghendaki demikian. Tujuannya agar mudah diperoleh gambaran keseluruhan atau bagian-bagian dari penelitian, verifikasi data dimaksudkan untuk menarik kesimpulan dari keseluruhan yang telah direduksi dan didisplay guna menampilkan makna umum dan elemen-elemen data yang ada sebagai hasil akhir penelitian. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di SMP Negeri 9 Wonosari, sebaiknya guru pengajar lebih banyak menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kerena sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tujuan Pembalajaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011