ESSAY

Writer / NIM
MULYAWATI / 211408025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd dan Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd, M.Si Tahun 2012. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo?”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo. Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 70. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh 43,75% (7 orang siswa) yang memperoleh nilai 70 keatas dengan rata-rata 72,12. Hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II ini terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 16 siswa yang dikenai tindakan 87.5% (14 orang siswa) memperoleh nilai 70 keatas cdengan nilai rata-rata 80,9. Dengan demikian indikator kinerja yang berbunyi apabila 85% atau 87,5% dari 16 orang siswa sudah dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran IPS tercapai. Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS akan meningkat. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Dan Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011