ESSAY

Writer / NIM
SRI RAHAYU DAI / 211408035
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Sri Rahayu Dai 211 408 035. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula). Skripsi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada Siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 69.27 dan ketuntasan klasikal sebesar 63.33%. Pada Siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,20 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan Model Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Tolangohula Kabupaten Gorontalo dapat diterima” Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011