ESSAY

Writer / NIM
WAWAN SULISTIONO / 211408042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Wawan Sulistiono. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, maka dapat dikatakan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 65 – 69 berjumlah 10 siswa dengan persentase 38,46 %, yang memperoleh rentang nilai 71 – 75 berjumlah 9 siswa dengan persentase 34,61 %. Sedangkan yang memperoleh rentang nilai 76 – 80 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,93 %. Pada siklus II menunjukkan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 70 – 75 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Yang memperoleh rentang nilai 76 – 80 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Dari jumlah 15 siswa, yang memperoleh rentang nilai 81 – 85 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Sedangkan yang memperoleh nilai 86-90 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Daya serap siswa secara keseluruhan berdasarkan perolehan nilai 65 ke atas sebesar 100 %. Hal ini menunjukan peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata kunci: Hasil belajar siswa dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011