ESSAY

Writer / NIM
YATINI / 211408044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Yatini . 2012. Skripsi. Meningkatkan hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Imran R. Hambali, S.Pd, SE, MSA dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 2 Tolangohula Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tolangohula Kebupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini adalah hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Tolangohula Kabupaten Gorontalo Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan bahwa dari jumlah siswa 30 orang yang memperoleh nilai di bawah dari 70 berjumlah 10 orang dengan persentase 33,33 %, sedangkan yang memperoleh nilai 70-75 berjumlah 6 orang dengan persentase 20 %. Pada siklus II menunjukkan bahwa dari jumlah siswa 30 orang yang memperoleh nilai 70-75 berjumlah 1 orang dengan persentase 3,33 %. Perolehan nilai 76-80 berjumlah 10 orang dengan pesentase 33,33 %. Perolehan rentang nilai 81-85 berjumlah 15 orang dengan persentase 50 %. Sedangkan perolehan nilai 86-90 berjumlah 2 orang dengan perolehan persentase 6,67 %. Perolehan nilai 91-95 berjumlah 1 orang dengan persentase 3,33 %. Sedangkan perolehan nilai 96-100 berjumlah 1 orang dengan persentase 3,33 %. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti bersama guru mitra menyepakati bahwa pembelajaran IPS terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok telah mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci: Hasil belajar siswa dan model pembelajaran investigas kelompok. iii
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011