ESSAY

Writer / NIM
YUDIONO KURNIAWAN / 211408045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi. Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan ” Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Dapat diterima. Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011