ESSAY

Writer / NIM
ASRIYANI WUNGGULI / 211408049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Asriyani Wungguli. NIM. 211 408 049.2012. Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pendekatan Contestual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII SMPN I Paguyaman Kabupaten Bolaemo.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II : Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui pendekatan Contestual Teaching Learning (CTL) padasiswakelas VIII SMPN I PaguyamanKabupatenBolaemo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Teknik pengumpulan data utamayang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptifpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran ekonomi karena meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Gorontalo. Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari observasi awal hanya 12 siswa (44.44%) dengan daya serap 6,78, pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (70.37%) dengan daya serap 7.41. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai angka 24 siswa (88.89 dengan daya serap 8.63. Hipotesis penelitian yang menyatakan “melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) maka hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat” dapatditerima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Contestual Teaching Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011