ESSAY

Writer / NIM
FARDY KY. MARTAM / 211408052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Fardi KY Martam, Nim 211 408 052 "Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas VIII SMP I Muhammadiyah Mootilango Kabupaten Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas VIII SMP 1 Muhammadiyah Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD pada dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SNIP I Muhammadiyah Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini terlihat dari hasil; Dari aspek perhatian terhadap proses pembelajaran IPS siswa yang mampu 24 orang atau 85%, kurang mampu 4 orang atau 15%. Pada aspek memahami materi IPS, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang mampu 3 orang atau 11%. Sedangkan aspek menjeiaskan pokok-pokok materi IPS, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang mampu 3 orang atau 11 %. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "jika di gunakan model pembelajaran STAD pada pembelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas VIII SMP I Muhammadiyah, Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo akan meningkatkan", dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011