ESSAY

Writer / NIM
SUSANTY ISMAIL / 211408091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK Susanty Ismail. NIM. 211408091. Peningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Melalui Model Simulasi Sosial pada Siswa Kelas VI 1 SMP Negeri 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2011. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan bertanya yang disebabkan oleh kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran, seperti kurang berani berbicara, kurangnya kemampuan siswa melahirkan kata menjadi suatu kalimat ungkapan atau pertanyaan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran IPS Terpadu melalui model simulasi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2010/2011 Subyek yang dikenakan tindakan adalah 25 orang siswa kelas VII tahun pelajaran 2010/2011. Dalam Pengumpulan data digunakan instrumen berupa data hasil observasi kegiatan guru dalam pembelajaran dan data kemampuan bertanya siswa pada setiap siklus. Hasil analisis data kemampuan bertanya siswa pada observasi awal adalah 8 orang (32%) mencapai kriteria cukup mampu bertanya, dan 17 orang (68%) mencapai kriteria kurang mampu. Setelah dilakukan tindakan kelas, presentase tersebut meningkat menjadi : 9 orang (36%) mencapai kriteria mampu bertanya, 12 orang (48%) mencapai kriteria cukup mampu, dan 4 orang (16%) mencapai kriteria kurang mampu bertanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model simulasi sosial dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII 1 SMPN 1 Paguyaman tahun pelajaran 2010/2011 pada pembelajaran IPS Terpadu melalui model simulasi sosial.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011