ESSAY

Writer / NIM
ZUHRIJA SYAM MANTU / 211408098
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Zuhrija S. Mantu. NIM. 211 408 098. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Pembelajaran Kooperative Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II : Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dapat ditingkatkan Melalui Model pembelajaran kooperative tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu melalui pembelajaran kooperative Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu model dalam pembelajaran ekonomi karena meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari observasi awal hanya 10 siswa (33.33%) dengan daya serap 6.50, pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (66.67%) dengan daya serap 7.56. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 26 siswa (86.67%) dengan daya serap 8.60. Hipotesis penelitian yang menyatakan “melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat” dapat diterima. Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut; 1) model pembelajaran koperatif tipe STAD hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran ekonomi karena secara riil melalui penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa, 2) perlu adanya bimbingan secara rutin kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD sehingga setiap guru memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan model pembelajaran ini. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperative Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011