ESSAY

Writer / NIM
AISAH LABAKA / 211408108
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Advisor 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstract
ABSTRAK Aisyah Labaka, 211 408 108. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Ekonomi” (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1Gorontalo). Progaram Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Ibu Robbiyati Podungge, S.Pd, M.AP dan Bapak Dr. Arifin Tahir, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, obyek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI C3 yang berjumlah 32 orang pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Gorontalo. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa lembar observasi / pengamatan kegiatan belajar mengajar dan hasil tes belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan, setelah dikenai tindakan pada siklus I yang memperoleh nilai 75 keatas atau yang telah tuntas belajar sejumlah 21 orang siswa atau 65,63 % sedang yang belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah 75 berjumlah 11 orang siswa atau 34,38 % dengan daya serap 74,38 %. Dari hasil penelitian ini ternyata tindakan pada siklus 1 belum mencapai kriteria keberhasilan, maka perlu perbaikan dan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II siswa yang telah tuntas belajar berjumlah 28 0rang siswa atau 87,5 % sedang berjumlah 4 orang siswa atau 12,5% belum tuntas dengan daya serap 83,72 %. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan STAD pada Mata Pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI C3 SMA Negeri I Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011