ESSAY

Writer / NIM
ERVINA MOHAMAD / 211408145
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Ervina Mohamad Nim 211 408 145 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Gorontalo melalui penggunaan model pembelajaran tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 29,41% menjadi 88% atau rata-rata kelas 5,49 menjadi 8,76. Dengan demikian hipotesis yang tersembunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo, dalam kegiatan pembelajaran akan meningkat.”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. ?
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011