ESSAY

Writer / NIM
FINKI VALERI / 211408160
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
ABSTRAK FINKI VALERI, Nim 211408160 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Satudent Team Achievement Division) Pada SMA Negeri 4 Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2012. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi,S.Pd,M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Meyko Panigoro,S.Pd,M.Pd selaku Pembimbing II. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Satudent Team Achievement Division) pada mata pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisi kualitatif dan kuantitatif. Dengan memberikan nilai pada hasil belajar siswa berdasarkan indikator belajar. Hasil observasi dan aktivitas mengajar dianalisis dengan menggunakan teknik deskripsif kualitatif yang menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisah menurut katagori untuk memeperoleh kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu pada siklus I yang memperoleh nilai diatas 75 sebesar 62,1% atau 18 orang siswa. Namun hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian siswa yang memperoleh nilai diatas 75 sebesar 86,2% atau 25 orang siswa. Dengan demikian hipotesisi yang berbunyi “Jika guru menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Satudent Team Achievement Division) maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X7 di SMA Negeri 4 Gorontalo” dapat terbukti. Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Satudent Team Achievement Division)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011