ESSAY

Writer / NIM
FOLSA DATUNSOLANG / 211408165
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
Folsa Datunsolang Nim 211 408 165 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Froblem Solving (pemecahan Masalah) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo. “program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.Pd., M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) Terhadap Peningkatan Belajar Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode tersebut dilakukan sebanyak 2 siklus dikelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo khususnya mata pelajaran Akuntansi. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu dari 63,16% menjadi 92,86% atau rata-rata kelas 77,14 menjadi 84.82. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika Diterapkan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah), maka hasil belajar siswa pada mata pelajarana akuntansi dikelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci: Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dan Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011