ESSAY

Writer / NIM
INDO DANI / 211408179
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK INDO DANI. NIM 211 408179. 2011. “PerbedaanHasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Pembelajaran Konvensional( Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 2 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Di bawah bimbingan Imran R. Hambali, S.Pd, SE., M.SA selaku pembimbing I dan Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag selaku pembimbing II. Penelitian ini didasarkan pada rumusan permasalahan yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gorontalo.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu ingin menguji adanya perbedaan dalam penerapan suatu perlakuan pada dua objek yang berbeda..Desain ini melibatkan dua kelompok subjek yang berbeda dalam perlakuan. Kelompok yang satu diberikan perlakuan eksperimental (kelas eksperimen) dan kelompok yang lainnya tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol).Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesisdapat dilihat bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Di mana hasil analisis data diperoleh thitung4.99, sedangkan tdaftar pada taraf nyata 5% dan dk = 66 diperoleh nilai tdaftar= 2.00. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyiterdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan pembelajaran konvensional dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Numbered Head Together (NHT), Model Konvensional
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011