ESSAY

Writer / NIM
ISNAWATY ABAS / 211408187
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
ABSTRAK Isnawaty Abas. NIM : 211 408 187. Hubungan Pembelajaran Efektif Dengan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS MAN Model Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN Model Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur hubungan antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN Model Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara serta pengisian angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan melakukan uji normalitas data untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis statistik dengan tahapan – tahapan untuk mencari persamaan regresi, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi, menghitung koefisien korelasi dan determinasi, dan menguji keberartian koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan analisis regresi antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa diperoleh persamaan regresi yaitu ? = 6,256+ 0,919X. Dari persamaan tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa bersifat positif. Selain itu pula diketahui besarnya hubungan antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS MAN Model Gorontalo berdasarkan hasil koefisien korelasi r = 0, 799 dan koefisien determinasi r2 = 0,639 atau sebesar 63,9 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin efektif proses pembelajaran akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa sebesar 63,9%. Berdasarkan hasil pengujian keberartian koefisien korelasi, harga tHitung lebih besar dari tDaftar (7,041? 2,05) maka dapat dikatakan hipotesis penelitian yang berbunyi: “Terdapat hubungan antara pembelajaran efektif dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN Model Gorontalo” dapat diterima pada taraf yang signifikan. Kata Kunci: Pembelajaran Efektif Dan Aktivitas Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011