ESSAY

Writer / NIM
MEIS AMELLIA AHMAD / 211408207
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstract
ABSTRAK Meis Amellia Ahmad. Nim:211408207. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) DI SMP NEGERI 3 BOLAANG UKI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN. 2012. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Imran R. Hambali, S.Pd, SE, MSA dan Pembimbing II Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 3 Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow tahun ajaran 2011/2012. Dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pemilihan sampel yaitu siswa kelas VIIa dan kelas VIIb. Sampel dikelompokan menjadi dua kelompok eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional. Pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes objektif. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan t-test untuk menguji perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS (Ekonomi), dimana hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) daripada model pembelajaran konvensional. Dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) siswa lebih aktif serta cepat memahami dan mengerti materi yang diajarkan guru. Sedangkan model pembelajaran konvensional siswa belum cukup aktif, proses pembelajaran berpusat pada guru dan lebih mengutamakan keluasan materi. Kata Kunci: STAD, Konvensional, dan Hasil Belajar. v
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011