ESSAY

Writer / NIM
MEYLAN S. KADIR / 211408210
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Advisor 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstract
ABSTRAK Meylan S. Kadir. 211 408 210. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Belajar Kelompok Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bongomeme”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr.Yulianto Kadji, M.Si Dan Pembimbing II Ibu Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP. Penelitian Tindakan Kelas ini Dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Belajar Kelompok pada pelajaran Ekonomi dikelas XIC1 SMA Negeri 1 Bongomeme. Peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Belajar Kelompok dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi kelas XIC1 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini disebabkan karena sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang sedang berlangsung sehingga perlu dicari Alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, yaitu dari bulan Mei-Juni 2012 dengan mengambil objek penelitian pada SMA Negeri 1 Bongomeme. Dan data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara Kualitatif dan Kuantitatif. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa pada siklus I dari 28 orang siswa yang memperoleh nilai di atas 75 yaitu 12 Orang siswa atau 42,86 % dan sisanya 16 orang siswa atau (57,14 %) dengan daya serap siswa 71,35 %. Hasil yang diperoleh pada siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilakukan kembali pada siklus berikutnya. Pada Siklus II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 28 orang siswa 21 orang siswa atau 75,00 % yang memperoleh nilai 75 keatas, dan sisanya 7 orang siswa atau 25,00 % yang mendapatkan nilai 75 kebawah dengan daya serap sebesar 84,92%. Dengan demikian indikator kerja yang telah ditetapkan telah terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Belajar Kelompok. Dengan demikian hipotesis penelitian “Jika Guru menggunakan Pendekatan melalui Metode Belajar Kelompok maka Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi akan meningkat”. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Metode Belajar Kelompok.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011