ESSAY

Writer / NIM
NUR RAHMAWATY S. ABDURAHMAN / 211408230
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
Nur Rahmawaty Abdurahman.NIM 211408230. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kebijakan Pemerintah di Bidang Ekonomi melalui Strategi KWL. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Tahun 2012. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowta, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.Si sebagai Pembimbing II. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi khususnya materi kebijakan pemerintah di bidang ekonomi pada peserta didik Kelas X-5 SMA Negeri 4 Gorontalo, dengan menggunakan strategi KWL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, 4) analisa dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 (dua) siklus. Pada siklus pertama, hasil belajar peserta didik pada materi kebijakan pemerintah di bidang ekonomi mencapai rata-rata 62,61, dan pada siklus kedua mencapai 81,43. Di samping peningkatan pada hasil belajar peserta didik, penerapan strategi KWL ini meningkatkan pula kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh peningkatan pada komponen kegiatan pembelajaran baik dilihat dari segi pendidik maupun peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi KWL pada pembelajaran ekonomi khususnya pada materi kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, KWL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011