ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA BULONGKOD / 211408237
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK NurlailaBlongkod. NIM. 211 408 237. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Aktif Index card Match (ICM) Pada Mata Pelajaran IPS di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pinongaluman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I IbuMeykoPanigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial di kelas VIII B SMP Negeri 2 Pinongaluman dapat ditingkatkan. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pinongaluman. Hasil penelitian pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajarana ktif tipe ICM ini, menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 kesiklus 2 yang mendapat nilai lebih dari 70 yaitudari 48,27% menjadi 82,75%. Hal ini terjadi akibat alternatif tindakan yang dilakukan pada proses pembelajaran. Peningkatan hasi lbelajar tersebut dapat dilihat melalui model pembelajaran aktif tipe index card match (ICM). Akan tetapi masih perlu pengembangan lebih lanjut, karena dalam kegiatan pembelajaran masih perlu pembenahan yang lebih baik lagi.Evaluasi yang dilakukan pada akhir siklus I menunjukkan bahwa dari 29 orang siswa yang dikenai tindakan 14 orang siswa (48,27%) yang mendapatkan nilai di atas 70dengan rata-rata 61,20. Jumlah inimasih relative rendah jika dibandingkan dengan kriteria keberhasilan dari tindakan yang telah ditetapkan.Rendahnya capaian pada siklus ini disebabkan oleh guru dan berbagai factor diantaranya pemberian apersepsi dan motivasi kepada siswa yang belum maksimal dan guru belum memiliki tehnik bertanya yang baik sehingga respon siswa kurang.Berbagai kekurangan yang terdapat pada siklus I ini selanjutnya disempurnakan pada siklus II.Pada siklus II ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada akhir pembelajaran dari 29 orang siswa yang dikenaitindakan, 24 orang siswa (82,75%) memperoleh nilai 75 keatas dengan nilai rata-rata kelas75,34. Bila dibandingkan dengan capaian hasil belajar pada siklus I yang hanya mencapai 48,27%.Dari data di atas menunjukkan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dari siklus I kesiklus II.Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "jika digunakan model pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM)pada mata pelajaran IPS maka hasil belajar siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pinongaluman akan meningkat", dapat diterima. Key Word: Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Kooperatif Aktif Index Card Match (ICM)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011