ESSAY

Writer / NIM
NUSRAN HASAN / 211408241
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK NUSRAN HASAN. 211 408 241. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-d SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2012. Dibawah bimbingan Dr. H Rosman Ilato, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan penelitin didasarkan pada rumusan masalah Apakah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Prasetya Gorontalo” akan meningkat?, Hipotesis tindakan jika digunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelajaran ekonomi di kelas X-d SMA Prasetya Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 38,46% Menjadi 80%. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di SMA Prasetya Gorontalo dengan jumlah siswa 26 orang, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes tertulis. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah: : Hipotesis penelitian yang berbunyi jika digunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelajaran ekonomi di kelas X-d SMA Prasetya Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 38,46% menjadi 80% dapat diterima karena hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus I meningkat dari 38,46% pada saat observasi menjadi 65,38%, dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II meningkat dari 65,38% pada siklus I menjadi 92,30%. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011