ESSAY

Writer / NIM
RULIN KOLLY / 211408260
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
Rulin Kolly. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Cooperative Learning tipe Number Heads Together dengan Konvensional. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato M.Pd, dan Pembimbing II Agil Bahsoan S.Ag, M.Ag Pelaksanaan Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model cooperative learning tipe number heads together dengan konvensional pada pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sumalata. Hipotesis penelitian adalah Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dari penggunaan model cooperative learning tipe number heads together dengan penggunaan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sumalata. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ekperimen Posttest-Only Control Design dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposive sampling, sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang dan telah diuji homogenitas varian dan uji kesamaan dua rata-rata. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sumalata kelas X1 dan kelas X2, (2) berdasarkan hasil pengamatan oleh peneliti diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together adalah efektif ditinjau dari segi pengelolaan pembelajaran di kelas, aktivitas siswa, dan respon siswa, (3) dari hasil penghitungan dapat dilihat bahwa setelah siswa diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together, siswa dapat memahami pembelajaran ekonomi, dan (4) dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Cooperative learning tipe Number Heads Together dan konvensional
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011