ESSAY

Writer / NIM
SALMAN DUMU / 211408264
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. WALIDUN HUSAIN, M.Si / 0003085505
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK Salman Dumu. 211408264. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Bimbingan Bapak, Dr. H. Walidun Husain, M.Si dan Ibu, Radia Hafid, S.Pd.,M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-G MTs Negeri Gorontalo tahun 2011-2012. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-G MTs Negeri Gorontalo”. SIKLUS I : Hasil belajar dari 29 siswa yang dikenai tindakan 19 siswa yang memperoleh nilai 75 keatassebesar 65.52% dan 10 siswa yang memperoleh nilai dibawah 75 sebesar 39.49%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II : Hasil belajar dari 29 siswa yang dikenai tindakan 25 siswa yang memperoleh nilai75 keatas sebesar 86.20% dan 4 siswa yang memperoleh nilai 75 kebawah sebesar 13.80%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika guru menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maka hasil belajar siswa akan meningkat” Telah teruji dengan benar dan dapat diterima.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011