ESSAY

Writer / NIM
SRI SULASTRI / 211408286
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Sri Sulastri. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi. Konsentrasi pendidikan ekonomi akuntasi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada rumusan masalah: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Hipotesis penelitian adalah ”Jika guru menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Tridharma Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 70 meningkat dari 34,48% menjadi 75%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMA Tridharma Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ketuntasan yaitu minimal 70, pada saat observasi awal 34,48%, dan setelah pelaksanaan penelitian siklus I 58,62%, sedangkan setelah pelaksanaan penelitian siklus II 79,31%. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Tridharma Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dengan indikator keberhasilan siswa yang diperoleh nilai minimal 70 keatas meningkat dari 34,48% menjadi 75% dapat diterima, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus I dari 34,48% pada saat observasi menjadi 58,62%, dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II meningkat dari 58,62% pada siklus I menjadi 79,31%. Kata Kunci : Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011