ESSAY

Writer / NIM
TITIK PUSPITA UTIAH / 211408302
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
Titik Puspita Utiah, Nim. 211 408 302 "Meniingkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X3 di SMA negeri 2 Gorontalo". skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Uiversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd) dan Pembimbing II (Roy Hasiru, S.Pd, M,Pd). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X3 pada sisiwa di SMA negeri 2 gorontalo. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. dengan memberikan nilai pada hasil belajar siswa dengan menghitung presentase ketuntasan belajar sisiwa berdasarkan indikator belajar. hasil observasi dan aktivitas mengajar di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajara siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu: pada siklus I rata-rata hasil belajara siswa sebesar 70%. namun hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75%. maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, diperoleh hasil capaian siswa sebesar 86,67%. dengan demikian hapotesis yang berbunyi "terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajran ekonomi pada siswa di kelas X3 di SMA negeri 2 gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) "dapat terbukti. kata kunci: Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011