ESSAY

Writer / NIM
TITIN Y WALANGADI / 211408303
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
Titin Y Walangadi. NIM : 211 408 303. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII BG 1 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Dra.Hj.Salma Bowtha, M.Pd dan Drs.Rusli Isa, M.Si Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII BG 1 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII BG 1 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosal melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII BG 1 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 76.47% menjadi 88,23% atau rata-rata kelas 1,385 menjadi 81,47.     Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011