ESSAY

Writer / NIM
FATRAH KAMU / 221405002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Abstract
FATRAH KAMU. Nim. 221 405 002, “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Model Pembelajaran Think, Write And Talk Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas ViiiA Smp Negeri 2 Bolang Itang Timur Kabupaten Bolmong Utara”, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan utama penelitian ini yaitu rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Think, Write And Talk di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bolang Itang Timur semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan kegiatan belajar mengajar dan tes hasil belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think, Write And Talk maka kreativitas belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu siklus I siswa yang memperoleh nilai 70 keatas ada 19 orang siswa atau 63,33% menjadi 24 orang siswa atau 80% pada siklus II. Olehnya hipotesis “Jika guru menggunakan model pembelajaran Think, Write And Talk maka kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Bolang Itang Timur dapat ditingkatkan”, teruji dan terterima. Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Model Pembelajaran Think, Write And Talk.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011