ESSAY

Writer / NIM
SRI SUSANTI LAIMA / 221407082
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
Sri Susanti Laima, “Meningkatkan pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Problem Solving Di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula, Gorontalo Utara. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas negeri Gorontalo, Pembimbimg 1 Bapak Drs. R.O.W. Kaunang, M.Pd. dan Pembimbing II Bapak Dr. H. Sukarmankamuli, M,Si. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran Problem Solving.Penelitian di laksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula .Permasalahan utama penelitian inir endahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, denganmenggunakanalatpengumpulan data berupalembarobservasikegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan menggunakan metode problem solving maka pemahamansiswa dapat ditingkatkan. Hal initerlihat pada pemahaman siswa yaitu padasiklus 1 hanya 36% pada siklus 2 menjadi 88 %.Oleh karena itu jika guru menggunakan metode pembelajaran Problem Solving maka pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Pembelajaran PKn, Problem Solving.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011