ESSAY

Writer / NIM
JULAIHA A. RADJAK / 221408003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK ZULAIHA ABD. RADJAK, NIM 221 408. 2014.Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pkn Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiry (SPI)di SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiry dapat Meningkatkan Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Atinggola? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Selama 2 Bulan september 2013 sampai november 2013. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan diambil " Pusposive Sampling", yakni memilih jumlah informan yang dianggap mampu dan dipercaya untuk menjadi sumber dan mengetahui masalah secara mendalam. Validitas data digunakan teknis analisis data menggunakan strategi Pembelajaran Inkuiry yaitu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban darisuatu masalah yang dipertanyakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran Inkuiry di kelas VIII (dua) SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara bahwa strategi pembelajaran inkuiry (SPI) meliputi: kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada siklus I sebanyak siswa dari yaitu 75,25%. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 85,25%. Kata kunci :Kemampuan SiswaMemecahkan Masalah Strategi pembelajaran Inkuiry.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011