ESSAY

Writer / NIM
SRI YULIANTY DUAYAHU / 221408070
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstract
ABSTRAK Sri Yulianti Duayahu, NIM 221 408 070 ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Suatu penelitian dikelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi 2012). Adapun tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran tipe Snowball Throwing di kelas VIII SMP N 4 Dulupi dengan harapan yakni : (1) Hasil penelitian dapat memberikan informasi kepada guru tentang meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran PKn. (2) Hasil penelitian ini di harapkan dapat memotifasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan kegiatan belajar mengajar. (3) hasil penelitian ini kiranya dapat di jadikan sebagai input bagi guru agar lebih meningkatkan kegiatan mengajar. Dari hasil penelitian penelitian di peroleh melalui tes pembelajaran yang di lakukan dalam 2 tahap (Siklus) yang dapat dilihat pada tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Secara jelas dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) yakni Siklus I : Jumlah siswa 25 orang terdiri dari laki – laki 10 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar kegiatan guru yakni 7 (58,33%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B).Lembar observasi kegiatan siswa 2 aspek (36%) kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 17 0rang (68%). Siklus II : Jumlah siswa 25 orang terdiri dari laki – laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Hasil observasi kegiatan guru yakni : 12 (100%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) , lembar observasi kegiatan siswa 3 (80%) pada kriteria sangat baik (SB), dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 22 orang (88%). Dengan demikian proses hasil belajar yang terjadi di atas, secara jelas dapat di simpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatip tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn telah mengalami Peningkatan. Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011