ESSAY

Writer / NIM
YULANDA MANTO / 221408085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
YulandaManto “Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Tipe Belajar Discovery Learning Di kelas VII SMP Negeri 2 Atinggola, Gorontalo Utara. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Gorontalo.Pembimbing 1 bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si, pembimbing II bapak Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn melalui Tipe Belajar Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Atinggola. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn. Tipe belajar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa dengan menggunakan tipe belajar Discovery Learning maka kreativitas siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada kreativitas siswa yaitu pada siklus I hanya 42% pada siklus 2 menjadi 94%.Pada mata pembelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat di terima. Kata kunci :Kreativitas Siswa, Discovery Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011