ESSAY

Writer / NIM
YULINDA / 221409026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract

ABSTRAKYULINDA, 2013.”Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble  Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VII SMP Negeri 2 Taopa”. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan di SMP Negeri 2 Taopa melalui model pembelajaran scramble bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII  tahun ajaran 2013/2014  yang  siswanya berjumlah  29 orang terdiri dari  14 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar pengamatan kegiatan siswa serta hasil belajar. Siklus pertama 2 kali pertemuan dan siklus kedua 2 kali pertemuan, Disetiap pertemuan alokasi waktu  2x45 menit yang mengacu  pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble  dari 29 orang siswa yang tuntas 13 orang atau 44,83% dan yang tidak tuntas 16 orang atau 55,17%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa belum optimal atau belum mencapai keberhasilan yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 telah mengalami peningkatan siswa yang tuntas 24 orang atau 82,76% sedangkan yang tidak tuntas 5 orang atau 17,24%.     Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble telah meningkat. Kata Kunci     : Pemahaman Siswa, Model  Pembelajaran Scramble

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011