ESSAY

Writer / NIM
MUARIF PATILIMA / 221409029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Muarif Patilima. 221409029. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC akan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe CIRC pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe CIRC hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus I pertemuan kedua sebagai refleksi dari siklus I pertemuan pertama. Pada siklus I pertemuan kedua terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu dari 73.52 % meningkat menjadi 91.17 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran cooperative integrited reading and composition
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011