ESSAY

Writer / NIM
RITA R. HARUN / 221409057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstract
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dngan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Learning pada Mata Pelajaran PKn di kelas X SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam 1 siklus 2 kali pertemuan, dengan mengikuti langkah-langkah PTK yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh untuk melakukan perbaikan pada siklus lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan mernggunakan Model Reciprocal Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas X SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011