ESSAY

Writer / NIM
ELIS U. SALIM / 221409061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstract
ABSTRAK ELIS U. SALIM. 2014. "MeningkatkanHasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bulango Ulu Kec Tapa KabBonebolango". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah melalui strategi pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri2 Bulango Ulu Kec Tapa Kab Bonebolango?"Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Small Group Discussion di kelas VIII SMP Negeri2 Bulango Ulu Kec Tapa Kab Bonebolango. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode diskusi dan ceramah. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni; yakni pada siklus I pertemuan ke II rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni 55% belum mencapai hasil belajar baik, sehingga dilanjutkan siklus berikutnya dan pelaksanaan siklus II pertemuan I jumlah tersebut terus meningkat menjadi 85%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Small Group Discussiondapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri2 Bulango Ulu Kec Tapa Kab Bonebolango Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, strategiSmall Group Discussion
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011