ESSAY

Writer / NIM
SITTI NAHDIYAH ALAMRI / 221409070
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
ABSTRAK Sitti Nahdiyah Alamri, “Efektivitas Pembinaan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) (penelitian di SMK Negeri I Gorontalo). Pembimbing (1) Sastro M Wantu, pembimbing (2) Udin Hamim. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembinaan karakter melalui mata peljaran pendidikan kewarganegaraan serta factor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembinaan karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, yaitu pendekatan yang mengarah pada fenomena yang ada. Adapun jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana mencoba menggambarkan tentang sifat-sifat individu, keadaan, gejala-gejala dalam kelompok tertentu, menentukan adanya hubungan tertentu antara satu gejala dengan gejala lainnya dalam masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana efektifitas pembinaan karakter melalui mata pelajaran PKn serta faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pembinaan karakter. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan karakter yaitu faktor lingkungan keluarga (orang tua) dan lingkungan sekolah (guru). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan karakter melalui pendidikan Kewarganegaraan (PKn) masih dirasakan belum efektif karena umumnya guru menilai hasil belajar siswa dengan menggunakan tes dan lebih menekankan pada aspek kognitif yang menekankan kepada pengulangan materi dengan cara mengingat dan menghafal sejumlah materi. Serta faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan karakter : pertama, factor keluarga (orang tua) karena kebanyakan orang tua tidak mengetahu bagaimana cara mendidik anaknya dengan baik dan ada juga yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk dihabiskan waktunya bersama-sama anak-anak dirumah. Kedua, faktor sekolah (guru) yakni jumlah guru yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didik dengan jumlah peserta didik menjadi kendala dalam merubah perilaku peserta didik. Kata Kunci: Efektivitas, Karakter, PKn.
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011