Writer / NIM
						RENI TOMU / 221410006
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
						Advisor 2 / NIDN
						ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
						Abstract
						A B S T R A K 
Reni Tomu (Reni) 2014. Peranan Penguatan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan  di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo.
    
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Indikator yang dijadikan tolak ukur dalam mengukur peraranan penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal yang dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran dalam upaya memotivasi siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis  peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  di SMA Tridarma Kota Gorontalo.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa penguatan telah berperan dalam meningkatkan motivasi siswa di SMA Tridarma Kota Gorontalo yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal. Adapun penguatan verbal yang telah dilakukan guru adalah kalimat pujian,  Kalimat kepuasan dan penilaian lisan. Sedangkan  penguatan nonverbal adalah bertepuk tangan,  memberikan hadiah.
Kata Kunci:  Penguatan, Motivasi Belajar Siswa
						Download files