ESSAY

Writer / NIM
RENI TOMU / 221410006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
A B S T R A K Reni Tomu (Reni) 2014. Peranan Penguatan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Indikator yang dijadikan tolak ukur dalam mengukur peraranan penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal yang dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran dalam upaya memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Hasil Penelitian menujukkan bahwa penguatan telah berperan dalam meningkatkan motivasi siswa di SMA Tridarma Kota Gorontalo yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal. Adapun penguatan verbal yang telah dilakukan guru adalah kalimat pujian, Kalimat kepuasan dan penilaian lisan. Sedangkan penguatan nonverbal adalah bertepuk tangan, memberikan hadiah. Kata Kunci: Penguatan, Motivasi Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011