ESSAY

Writer / NIM
ISMIATY DJAFAR / 221410015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstract
ABSTRAK Ismiaty Djafar (Imi) 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Variatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial A Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini; Apakah penerapan metode pembelajaran variatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI Ilmu Pengetahua Sosial A Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. dengan. pemecahan masalah yaitu mengarahkan siswa membentuk kelompok 4-5 orang secara heterogen, mengerjakan lembaran kerja (Elaborasi), berdiskusi untuk mengerjakan lembaran kerja, kelompok melakukan presentasi di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain (Konfirmasi) dan membimbing siswa menyimpulkan materi dan mencatat singkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran variatif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial A Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian bermanfaat bagi beberapa pihak yaitu bagi siswa, bagi guru, bagi sekolah. Hasil Penelitian menujukkan bahwa pengunaan metode variatif di Kelas Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial A Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada Siklus I, dari 28 orang di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial A, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, siswa yang tuntas pada Kriteria Ketuntasan Minimal 75 sebanyak 22 orang atau 79%. Hasil belajar siswa pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 26 orang atau 93% dari 28 siswa di kelas tersebut. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Variatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011