ESSAY

Writer / NIM
MARYAM KUE / 221410023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
A B S T R A K Maryam Kue (Iyam) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Scientifik Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah Pendekatan Scientifik Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, dengan. pemecahan masalah melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sientifik model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Sientifik model Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar Bagi guru bermanfaat membiasakan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hasil belajar siswa terutama mata pelajaran permasalahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan bagi lembaga sekolah sebagai masukan dalam meningkatkan kompetensi guru terutama kompetensi profesional guru dama pembelajaran. Hasil Penelitian menujukkan bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dapat menggunakan pendekatan Scientifik model Jigsaw. Pada Siklus I, telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, yaitu siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau 77,3%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau 22,7%. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu siswa yang tuntas menjadi 20 orang atau 90,9% sedangkan siswa yang tidak tuntas tinggal sebanyak 3 orang atau 9,1%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientifik Model Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011