Writer / NIM
						MARYAM KUE / 221410023
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
						Advisor 1 / NIDN
						Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
						Advisor 2 / NIDN
						ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
						Abstract
						A B S T R A K 
Maryam Kue (Iyam) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Scientifik  Model  Jigsaw  pada  Mata  Pelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah Pendekatan  Scientifik  Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, dengan. pemecahan masalah melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sientifik  model Jigsaw. 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Sientifik  model Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar Bagi guru bermanfaat membiasakan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hasil belajar siswa terutama mata pelajaran permasalahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan bagi lembaga sekolah sebagai masukan dalam meningkatkan kompetensi guru terutama kompetensi profesional guru dama pembelajaran.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dapat menggunakan pendekatan Scientifik model Jigsaw.  Pada Siklus I, telah terjadi  peningkatan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo,  yaitu siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau 77,3%,  sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau 22,7%.  Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa  yang signifikan yaitu  siswa yang tuntas menjadi 20 orang atau 90,9% sedangkan siswa yang tidak tuntas tinggal sebanyak 3 orang  atau 9,1%.
Kata Kunci:  Hasil Belajar, Pendekatan Scientifik Model Jigsaw
						Download files