ESSAY

Writer / NIM
MUAMAR ALAMRI / 221410029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Muamar Alamri, Nim 221410029 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kumon Di Kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kumon Di Kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kumon pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada observasi awal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari 21 siswa yang masuk kategori ketuntasan hanya terdiri dari 5 siswa (24%) sedangkan selain dari itu, sekitar 16 siswa (76%) yang tidak termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada Siklus I Pertemuan 1, dari 21 siswa di Kelas XII IPA/3, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sang Tombolang, siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (52%) dan tidak tuntas sebanyak 10 siswa (48%). Kemudian dilanjutkan pada Siklus I Pertemuan 2, siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 67% dari 21 siswa di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Karena belum sesuai dengan indikator ketuntasan minimal 75%, maka dilanjutkan pada Siklus I Pertemuan 3 yaitu siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 90% dan tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 10%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "jika menggunakan model pembelajaran kumon, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Di SMAN 1 Sang Tombolang kelas XII IPA/3, dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kumon
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011