ESSAY

Writer / NIM
FARLAN YAHYA / 221410033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstract
ABSTRAK Farlan Yahya 221 410 033 "Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Aktifitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran pendidikan Kewarga Negaraan Di Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Satu Atap Bongomeme". Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing 1. Drs.Revoltje O.W.Kaunang,M.Pd, dan Pembimbing 2. Dr.Hj.Zulaecha Ngiu,M.Pd Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Satu Atap Bongomeme. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 4 Satu Atap Bongomeme pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran learning cycle. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pada observasi awal yang mencapai target ketuntasan maksimal gabungan dari peserta didik yang mendapat nilai aktifitas A dan B hanya 10 peserta didik atau 33% dari 24 peserta didik, kemudian pada siklus I pertemuan pertama ada peningkatan pada hasil pencapaian peserta didik yaitu jumlah peserta didik yang mendapatkan hasil maksimal ada, 16 peserta didik atau mencapai 81% , pertemuan ke dua pada siklus pertemuan 2 dengan harapan untuk meningkatkan hasil yang di inginkan, pada pertemuan ke 2 menghasilkan jumlah peserta didik yang mendapatkan hasil nilai aktifitas A dan B bertambah menjadi 21 peserta didik atau mencapai 89%, namun hasil tersebut masih belum maksimal dari hasil yang di inginkan. Maka pembelajaran di lanjutkan ke tahap berukutnya pada siklus I pertemuan ke 3 peserta didik yang mendapat nilai aktifitas A dan B mencapai hingga 23 peserta didik atau 99% dan . Tetapi pada pertemuan terakhir masih ada seorang peserta didik yang belum tuntas dikarenakan peserta didik tersebut tidak pernah mengikuti proses belajar mengajar. dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "Jika dalam pembelajaran PKn guru menggunakan model pembelajaran Learning Cycle ,maka aktifitas belajar peserta didik kelas VIII A SMP N 4 Satu Atap Bongomeme akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Aktifitas Belajar peserta didik, Model Pembelajaran Kooperatif Learning Cycle
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011