ESSAY

Writer / NIM
FERLIYANTI / 221410037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
ABSTRAK Ferliyanti, 2017 Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam penggunaan pendekatan pembelajaran contekstual teaching and learning (di sekolah SMP NEGERI 1 MOUTONG). Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah penerapan pembelajaran contekstual teaching and learning di SMP Negeri 1 Moutong serta bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat peneran pembelajaran CTL di SMP 1 Negeri Moutong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu dari beberapa siswa dan guru di MTS di SMP 1 Negeri Moutong Tehnik yang digunakan dalam mengumpulkan data diperoleh melalu beberapa tahapan yaitu tahap obsevasi, tahap wawancara dan tahap dokumentasi berupa foto dan alat rekaman (hp) yang diambil pada saat proses pengumpulan data dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemajuan untuk belajar siswa baik itu berdasarkan nilai rapotr yang baik yang mengambarkan prestasi belajar siswa sebagai ketekunan dan keseriusan dalam belajar . Selanjutnya faktor-faktor yang menghambat penerapan pembelajara contekstual teaching and learning baik yang berasal dari diri sendiri (cara mengajar guru mengajar dan prasarana dalam proses belajar) maupun yang berasal dari luar (1.lingkungan sekolah: alat/media, kondisi gedung dan kurikulum, 2. lingkunga keluarga: orang tua suasana rumah, kedaan ekonomi keluarga, 3. Lingkungan Masyarakat: media masa, teman bermain, lingkungan tetangga dan aktifitas siswa dimasyarakat). Kata kunci: peran guru, pembelajaran contrekstual teaching and learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011