ESSAY

Writer / NIM
FANHY AFANDY DETU / 221410052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
ABSTRAK FANHY AFANDY DETU. 2017. Kinerja Guru PKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa (Studi Deskriptif di Smp Cokroaminoto Kotamobagu), dengan Pembimbing: (1) Dr. H Sukarman Kamuli M.Si. (2) Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Sikap Nasionalisme di kalangan siswa dewasa ini tergolong memprihatinkan, seperti tawuran pelajar, tidak khidmat mengikuti upacara, kurang hafal lagu-lagu nasional, tidak hafal pancasila. SMP Cokroaminoto merupakan salah satu sekolah favorit kec Kotamobagu Barat. Selain itu, sekolah ini banyak menciptakan siswa-siswa yang berprestasi. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto Kotamobagu, (2) Bagaimana kinerja guru PKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, (3) Kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto, (2) untuk mengetahui kinerja guru PKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto, (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan sikap nasionalisme sisw SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian dalam penetian ini sebagai berikut: sikap nasionalisme dikalangan siswa SMP Cokroaminoto Kotamobagu dalan hal bangga menjadi bangsa negara Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan secara keseluruhan sudah tumbuh di kalangan siswa. Walaupun masih ada sedikit siswa yang masih kurang mempunyai sikap nasionalisme.. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa adalah faktor latar belakang keluarga yang berbeda-beda dan faktor keluarga mengambil peranan penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, faktor pergaulan siswa, faktor globalisasi berdampan negatif pada siswa. Upaya yang dilakukan guru adalah melakukan pendekatan kepada siswa agar selalu meninggalkan perbuatan yang akan merusak moral siswa, memberikan nilai-nilai agama di sela-sela pembelajaran PKn. Kata kunci: Guru,Sikap Nasionalisme,Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011