ESSAY

Writer / NIM
ASTIN NASIR UDI / 221410064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Astin Nasir Udi. 2015. Meningkatkan pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn melalui Model pembelajaran Small Group Work di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tilamuta Kab. Boalemo. Jurudsan Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian bertujuab meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Small Group Work di SMP Negeri 4 Tilamuta Kab. Boalemo. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu "Apakah model pembelajaran Small Group Work dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka pemecahan asli adalah penggunaan model Small Group Work, dimana Small Group Work merupakan strategi pembelajaran yang meminta siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan bekerja bersama-sama dalam suatu kelompok, baik itu dalam memahami materi maupun menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, tetapi setiap siswa tetap mempunyai kedudukan dan tanggung jawab mandiri terhadap pribadinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I IAnalisis Peningkatan Pemahaman Siswa rata-rata yang tuntas sebanyak 15 orang atau 75% sudah meningkat, tetapi belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan minimal siswa yang tuntas sebanyak 16 orang atau 80% sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada Siklus II Pada siklus 2 Peningkatan Pemahaman Siswa rata-rata yang tuntas sebanyak 19 orang atau 95% sudah meningkat dan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan minimal siswa yang tuntas sebanyak 16 orang atau 80%. Kata kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Small Group Work
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011