ESSAY

Writer / NIM
IKRAM / 221410066
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
ABSTRAK Ikram. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn. Suatu Penelitian Di SMP Satu Atap Negeri 1 Moutong Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli,M.Si dan Pembimbing II Bapak Roni LukumS.Pd, M.Sc. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn, Faktor-Faktor Yang Menghambat Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Upaya Yang Dilakukan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Penelitian ini dilaksanakan di SMP Satu Atap Negeri 1 Moutong Kec. Moutong, Kab. Parigi Moutong. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah peran guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Peran guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai korektor, inspirator, informator, organisator, mediator, motivator, pembimbing, pengelolah kelas, inisiator dan evaluator pada proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn di Sekolah SMP Satu Atap Negeri 1 Moutong belum sepenuhnya terimplementasi secara keseluruhan dalam pelaksanaanya dan hanya beberapa peran saja yang dilaksanakan dan dijalankan oleh guru PKn dalam proses pembelajaran diantaranya sebagai pembimbing, motivator, evaluator dan pengelolah kelas agar selalu efektif dalam proses pembelajaran. Adapun faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yakni kurangya perhatian siswa dalam belajar, Tidak lengkapnya sarana dan prasarana sekolah, kurangya kontrol maupun perhatian orang tua (keluarga) dalam mendidik anaknya di rumah serta kondisi masyarakat, Adapun upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn adalah selalu mengarahkan kepada siswa tentang maksud dan tujuan materi yang disampaikan dalam pengajaran dan menanyakan kembali kepada siswa terkait materi yang disampaikan dalam belajar. Dan meyarankan kepada siswa agar selalu banyak belajar baik disekolah ataupun dirumah, memberi motivasi kepada siswa dengan penguatan berupa kata-kata yang membangun dan menjadikan siswa agar supaya terinspirasi secara terus menerus dalam belajarnya, melatih siswa dengan membuat kelompok untuk berdiskusi sesama kelompoknya dan memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah. Serta, memberi penguatan bahwa Sekolah SMP satu atap merupakan sekolah yang berstatuskan negeri bukan swasta. Kata Kunci : Peran Guru, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011