ESSAY

Writer / NIM
RISWANTO MOKODOMPIT / 221410069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
BSTRAK Riswanto Mokodompit. Nim 221 410 069. "Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakat, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Drs. RevoltjeO.W.Kaunang, M.Pd), dan pembimbing II (Asmun W. Wantu, S.Pd,M.Sc). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman dengan menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 28 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang aktif dari 5 aspek yang diamati yakni sebesar 74.80%. Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki keaktifan dalam proses pembelajaran sebesar 88.69%. Dengan demikian, model pembelajaran curah pendapat (brainstorming)dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa dan Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) â
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011