ESSAY

Writer / NIM
KARTIN DATAU / 221410079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK KARTIN DATAU: NIM 221 410 079 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi 2014 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan SI PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd (pembimbing satu) dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd M.Sc (pembimbing dua). Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas VII1 pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman. Untuk itu, cara pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan menjadikan siswa lebih aktif dalam berfikir serta siswa mendapat informasi dari jawaban yang lengkap dan jelas. Dari hasil penelitian sebanyak 1 siklus dengan 3 kali pertemuan secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau peningkatan yaitu pada siklus 1 pertemuan 1 siswa yang tuntas sebanyak 45%,sedangkan pada siklus 1 pertemuan II, sebanyak 80% meningkat menjadi 35%, dan sedangkan pada siklus 1 pertemuan 3, sebanyak 100%, jadi meningkat sebanyak 20%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Problem Solving, Mata Pelajaran PKn
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011