ESSAY

Writer / NIM
NOVIKAHAZRIATI S. PADODO / 221410084
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstract
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS VII SMP NEGERI 9 GORONTALO Novika Hazriati S. Padodo * Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd * Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd. ABSTRAK Novika Hazriati S. Padodo 221410084 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo". Tugas Akhir Skripsi. Program Studi S 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd dan pembimbing II Drs. Revoltje O. W Kaunang, M. Pd. Secara umum penelitian bertujuan untuk meningkatakan proses pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran The Power Of Two. Secara khusus untuk meningkatakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPkn. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan aktivitas belajar siswa, indikator siswa, dan lembaran kerja siswa (tes uraian). Penelitian di laksanakan di SMP Negeri 9 Gorontalo dengan subjek penelitian adalah 25 orang siswa, pada kelas VII b. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang di lakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran The Power Of Two dan pengamatan di lakukan terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siswa. Selanjutnya tahap refleksi di lakukan pengamatan dan perbaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga pembelajaran Pendidikan Pencasila dan Kewarganegaraan pertemuan berikutnya akan berjalan lebih baik. Peningkatan percapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu siklus 1 pertemuan ke-1 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 92% (23 siswa) dan perindividu 20% (5 siswa) dalam kriteria Aktif yang belum mencapai KKM dan pada pertemuan ke-2 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 92% (23 siswa) dan perindividu 36% (9 siswa) belum mencapai kompetensi siswa dan pada siklus 2 pertemuan ke-1 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 96% (24 siswa) dan perindividu 64% (16 siswa) belum memenuhi KKM dan pada pertemuan ke-2 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu sudah mencapai KKM 100% ( 25 siswa). Uraian di atas menujukan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe The Power Of Two dapat meningkatakan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, The Power Of Two, PPKn
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011