ESSAY

Writer / NIM
LA ODE HARMIN / 221410113
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK La Ode Harmin. NIM 221410113. Peranan Guru PKn dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII9 SMP Negeri 2 Gorontalo, Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan cara-cara yang digunakan guru pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan dapat menentukan cara-cara yang digunakan guru pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mendekripsikan atau menggambarkan peranan guru PKn dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obsevasi, wawancara, dan analisis dokumen. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan proses pengumpulan data sampai diperoleh suatu kesimpulan, sehingga analisis data tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam suatu proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan guru PKn dalam meningkatkan kekatifan belajar siswa yaitu guru PKn berperan sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih. Kata Kunci: Peranan guru, keaktifan belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011