ESSAY

Writer / NIM
SYAH RUL SIRWAN / 221410119
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
ABSTRAK SYAHRUL SIRWAN. 2016. "Kinerja Guru Dalam Pembelajaran PKn Di Kelas IX SMP Negeri 6 Pinolosian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Pinolosian)" dengan Pembimbing I Dr. Jusdin Puluhulawa, SH.,M.Si dan Pembimbing II Roni Lukum, S.Pd.,M.Sc. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran PKn di kelas IX SMP Negeri 6 Pinolusian dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat kinerja guru dalam pembelajaran PKn di kelas IX SMP Negeri 6 Pinolusian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti dan dibandingkan dengan teori yang sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran PKn di Kelas IX SMP Negeri 6 Pinolosian yaitu merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran belum maksimal dalam melaksanakan kinerja guru tersebut khususnya dalam pembelajaran PKn di kelas IX SMP Negeri 6 Pinolosian akan tetapi grur PKn tetap berusaha untuk mengusahakan keberhasilan prestasi siswa pada kegiatan pembelajaran PKn, Faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam pembelajaran PKn di Kelas IX SMP Negeri 6 Pinolosian yaitu faktor kemampuan (Sumber Daya Manusia) di mana guru PKn dalam proses pembelajaran belum memiliki kemampuan untuk menjalankan kinerjanya sehingga perlu kiranya guru PKn mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan kinerjanya secara maksimal, faktor motivasi belum maksimal dilakukan misalnya motivasi yang diberikan oleh dari pimpinan, pemberian motivasi bagi guru dalam meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran PKn dan kurangnya sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai akan menjadi salah satu penghambat jalannya proses kerja dalam suatu organisasi, sehingga dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai proses pembelajaran yang diterapkan yang kita harapkan bersama bisa mencapai sasaran dengan baik. Dengan adanya masalah tersebut untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa yang akan datang dalam menjalankan kinerja guru khususnya guru PKn di kelas IX SMP Negeri 6 Pinolusian dalam memberikan pembelajaran kepada siswa agar diperhatikan dan pengajarannya lebih dioptimalkan. Kata Kunci: Kinerja Guru dan pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011